Langsung ke konten utama

Implementasi dan Evaluasi Strategi PT. Astra Honda Motor

Analisis Manajemen Strategi
(Implementasi dan Evaluasi)
Pada PT. Astra Honda Motor



Tugas Dikerjakan Dalam Rangka Perkuliah
Manajemen Strategik
di Fakultas Ekonomi dan Bisnis IKPIA Perbanas Jakarta




Nama Mahasiswa : Juan Prakoso Aryadi
NIM                   : 1712070123
Jurusan              : S1 Manajemen Intensif







IMPLEMENTASI STRATEGI PT.ASTRA HONDA MOTOR

Setelah dilakukan analisis terhadap perencanaan strategis melalui input stage, matching stace dan dissicion stage berupa Quantitatif Strategic Planning Matriks (QSPM) maka langkah selanjutnya menganalisis langkah-langkah implementasi sebagai berikut
Annual Objective
a.      Company Strategy
Agar mencapai tujuan dan mendukung pertumbuhan perusahaan secara efektif, PT Astra International yang merupakan company strategy menerapkan langkah strategi berupa tingkat strategi mereka yang mendukung visi perusahaan yaitu : menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasaan pelanggan dan efesiensi. Untuk itu PT. Astra International secara garis besar menetapkan beberapa langkah strategis berupa:
-       Dapat memimpin Pangsa Pasar
-       Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan
-       Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

b.       Divisional Strategy
Visi dan arah rencana strategis yang dikembangkah oleh PT.Astra International kemudian diterjemahkan ke dalam level divisi/bisnis level salah satunya oleh PT.Astra Honda Motor yang bergerak di bidang otomotif roda dua.  Perusahaan ini menggunakan stuktur organisasi yang dikelompokkan berdasarkan pada produk yang sama, proses yang sama, kelompok orang yang melayani pelanggan yang sama, dan atau berlokasi di daerah yang sama di suatu wilayah geografis. Secara umum dalam struktur organisasi seperti ini bersifat kompleks, dan menghindari masalah yang terkait dengan struktur fungsional. Tiap-tiap divisi dapat beroperasi sendiri-sendiri dibawah pengarahan seorang manajer divisi yang bertanggungjawab langsung kepada CEO. Berikut merupakan langkah-langkah implementasi strategi yang dilaksananakan oleh PT. Astra Honda Motor untuk menterjemahkan langkah strategis dari company level :

I.    Sasaran Strategis
Pembuatan sasaran jangka panjang ini mengacu kepada strategi induk yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis strategi melalui IFE, EFE dan Quantitatif Strategic Planning Matriks (QSPM) maka strategi yang sebaiknya diambil PT. Astra Honda Motor adalah “Melakukan inovasi produk yang lebih kompetitif dan inovatif guna menanggulangi kompetitior yang semakin agresif.”

Sasaran Jangka Panjang PT. Astra Honda Motor adalah “memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat melalui produk yang inovatif sesuai dengan visi perusahaan yaitu mewujudkan impian konsumen, menciptakan kegembiraan bagi konsumen dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia.”



I.    Strategi Fungsional
Sasaran jangka pendek mengacu pada strategi fungsional yang sifatnya operasional. Strategi fungsional yang sifatnya lebih operasional ini mengarah kepada berbagai bidang fungsional dalam perusahaan untuk memperjelas hubungan makna strategi utama dengan identifikasi rincian yang sifatnya spesifik. Strategi fungsional ini menjadi penuntun dalam melakukan berbagai aktivitas agar konsisten bukan hanya dengan strategi utamanya saja, melainkan juga dengan strategi dibidang fungsional lainnya. Untuk mengimplementasikan perencanaan strategi tersebut maka diperlukan langkah-langkah implementasi. Ada beberapa langkah implementasi dari strategi melakukan inovasi produk tersebut diantaranya

A.    Strategi PT Astra Honda Motor:
a.      Dengan cara  memperkuat pelayanan dengan menambah jaringan atau network distribusi yang luas.
b.     Memperkuat layanan aftersales Menentukan batasan usaha/bisnis yang akan dilakukan
c.     Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan
d.     Mencapai pangsa pasar nomor 1 untuk kendaraan motor roda dua
e.     Menyediakan lingkungan kerja yang aman dan baik bagi karyawan
f.      Menciptakan nilai tambah ekonomis yang positif bagi shareholders

B.    Taktik Strategi PT Astra Honda Motor:
a.    Membantu proses identifikasi, pemilihan prioritas dan eksploitasi kesempatan
b.    Memberikan kerangka kerja untuk meningkatkan koordinasi dan pengendalian
c.    Mengarahkan dan membentuk kultur perusahaan
d.    Menjaga kebijakan yang taat asas dan sesuai
e.    Mengintegrasikan perilaku individu ke dalam perilaku kolektif
f.     Meminimalkan implikasi akibat adanya perubahan kondisi
g.    Menciptakan kerangka kerja dalam komunikasi internal
h.    Memberikan kedisiplinan akan formalitas manajemen

Strategi Fungsional kemudian diterjemahkan ke dalam Strategi keuangan, pemasaran, SDM dan R&D untuk dapat diimplementasikan sampai kepada operating level.
1.    Strategi Manajemen Keuangan
Strategi ini harus mampu menentukan arah penggunaan dana baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Beberapa teknik yang dilakukan adalah dengan menanalisis proyeksi laporan keuangan (projected financial statement analysis) adalah teknik utama dalam implementasi strategi karena memungkinkan organisasi untuk memriksa hasil yang diharapkan dari berbagai tindakan dan pendekatan. Contohnya adalah analisis ROA, ROE, pertumbuhan pendapatan, dimana target dari strategi adalah pertumbuhan (profit) pendapatan mencapai 30% serta nilai ROA, ROE dan rasio keuangan lainnya dalam kondisi aman untuk pertuhaan. Salah satu bentuk dukungan terhadap target tersebut PT.Astra Honda Motor mewujudkan dalam operational excellence.
Dalam menciptakan operational excellence, Astra mengedepankan program efisiensi biaya dalam menjalankan operasional di semua aktivitas bisnis anak perusahaan. Program tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang tepat guna dan membantu terciptanya strategi bisnis ke depan.  Untuk mendukung pola kerja operational excellence, maka Astra membuat sistem yang berbasiskan dua sumbu utama:  proses Plan, Do, Check, Action, yang dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan; plus proses Alignment yang rapi baik secara vertikal maupun horisontal


2.    Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia
Kegiatan manajemen sumber daya manusia berkisar pada pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan sumber daya manusia. Agar ketiga pokok kegiatan tersebut berjalan lancar perlu disiapkan sistem yang handal. Tahap pengadaan mencakup perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi dan orientasi. Tahap penggunaan perlu memperhatikan kesesuaian antara kemampuan SDM dan apa yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya. Juga perlu diperhatikan hal-hal mengenai kesempatan memperoleh pelatihan dan pendidikan, supervisi, penilaian kinerja, imbalan serta jaminan perlindungan dan kesehatan kerja. Terakhir, pada tahapan pemeliharaan sumber daya manusia tujuannya adalah bagaimana agar karyawan merasa puas bekerja.
Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu kekuatan dari PT Astra Honda Motor yang mana secara rutin merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka. Setelah itu diberikan pelatihan sistem produksi, pemasaran dan keuangan selama tiga bulan. Mereka tidak langsung kerja tetapi ditraining terlebih dahulu di berbagai bidang seperti manufaktur, pemasaran, penelitian dan pengembangan. Saat ini tenaga kerja yang diserap oleh PT Astra Honda Motor secara langsung berjumlah 23.953 orang.
Untuk mendukung praktik human capital yang berkesinambungan dan pertumbuhan bisnis, PT. Astra Honda Motor melakukan: Astra Human Capital Management Guideline. Dalam panduan tersebut disampaikan bagaimana strategi human capital mendukung strategi bisnis melalui pilar pengembangan organisasi; dan bagaimana proses SDM yang excellent dijalankan, mulai dari rekrutmen, pengembangan people, manajemen performa, sampai terminasi. Sebagai enabler-nya adalah pilar manajemen reward dan industrial relation, sementara fondasinya tetap pilar nilai-nilai dan kultur Astra. Dalam implementasinya Astra telah membuat  cetak biru human capital, yang disebut sebagai Astra People Roadmap.
Selain itu PT. Astra Honda Motor juga mendepankan budaya organisasi dimana Budaya PT. Astra Honda Motor mengacu pada budaya PT. Astra International dimana merupakan nilai-nilai yang membentuk kebiasaan dalam perusahaan dan menjadi pedoman bagi perilaku  karyawan. Budaya organisasi yang adalah  filosofi CATUR DHARMA Astra, yang dari Falsafah atau pandangan hidup tersebut merupakan  pegangan atau arah bagi perusahaan pada saat itu. Manfaat bagi perusahaan  adalah sebagai suatu pedoman bagi masa depan perusahaan.


3.    Strategi Manajemen Pemasaran
Divisi Pemasaran menterjemahkan rencana strategis melalui 4P marketing mix dan STP yang diuraikan sebagai berikut:
Marketing Mix PT.Astra Honda Motor
A.  Product
PT. Astra Honda Motor mengeluarkan banyak sekali produk dan jasa pada pelanggan seperti dibawah ini :
1.    Sepeda Motor Honda
2.    Bengkel resmi sepeda motor merk Honda (AHASS)
3.    Honda Genuine Parts (menyediakan spare part yang asli)
B.    Price
Price atau harga sangat mempengaruhi akan terjualnya suatu barang dan jasa yang  ditawarkan. Dalam menentukan  arga PT. AHM ini menggunakan strategi seperti :
1.    Menentukan harga sesuai dengan segment pasar,
2.    Variasi harga dari varian produk,
3.    Harga suku cadang yang bersaing,
4.    Memberikan cash back terhadap pembelian motor Honda, hal ini dapat dilakukan melalui FIF, Adira,  maupun jasa pembiayaan lain.
C.    Place
Place atau disebut juga dengan pendistribusian. Jaringan Honda yang sangat luas dan tersebar diseluruh Indonesia  hal ini merupakan sebuah penghargaan dari penjualan produk Honda. Karena dengan hal tersebut PT. AHM bisa  memiliki jaringan di 30 propinsi dan terdapat lebih dari 1500 dealer yang tersebar.
D.     Promotion
Beberapa cara yang telah dilakukan oleh PT. AHM dalam melakukan Promotion atau promosi sesuai dengan konsep  dasar Integrated Marketing communication diantaranya adalah sebagai berikut :
1.  Advertising
2.  Personal Selling
3.  Sales Promotion
4.  Direct marketing
5.  Public Relations

STP PT.Astra Honda Motor
Strategi perusahaan terkit produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Sedangkan unsur strategi persaingan terdiri dari 3 hal yaitu :
a.    Strategi segmentasi pasar
b.    Targeting
c.    Positioning
Berikut bentuk STP PT.Astra Honda Motor:
Strategi Honda Beat
No
Implementasi
Segmentasi
1
Honda Beat adalah tipe kendaraan pada segmen tipe skuter otomatic

2
Honda Beat juga berada pada segmen Low AT dengan harga + 12,5 Juta

3
Segmentasi pasarnya adalah untuk kalangan remaja dan kaum muda (khususnya pelajar SMU dan Mahasiswa)

4
Segmentasi untuk kaum muda yang suka akan rasa nyaman, praktis, style yang trendi dan modern

5
Honda beat adalah tipe kendaraan pada segmen 110 CC

6
Konsentrasi pemasaran di Kota dan Daerah (di kota cenderung pakai velg racing, di daerah cenderung velg jari – jari)
Targeting
1
Tahun 2012 ditargetkan mampu menjual 1.350.000 unit

2
Target pemasaran adalah untuk remaja dan kaum muda

3
Target pemasaran baik di kota maupun di desa diupayakan tetap maximal
Positioning
1
Honda secara umum telah memiliki Brand Produk tersendiri di masyarakat (karena salah satu produk yang pertama muncul di Indonesia)
2
Honda memiliki slogan "One Heart"
3
Honda beat dikembangkan dengan keunggulan "Irit, Karbu dan Terjangkau"  (dengan slogan iklan adalah "Can't Stop The New Beat")
4
Honda beat sering mengadakan promosi ke segmen pelajar (tema “Nge-BeAT Bareng Hai Skulizm”)
5
Dengan harga yang berkisar 12,5 On The Road, menempatkan Honda Beat Sebagai kendaraan yang cukup murah dan berkualitas
6
Honda Beat memberikan beberapa pilihan seperti : Hard Rock Black,  Electro Red, Techno White, Groovy Blue dan Disco Green
7
Honda Beat mempunyai fitur unggulan yaitu : parking brake lock dan side stand switch
Kesimpulan dari analisis diatas adalah bagaimana cara perusahaan PT. Astra Honda Motor mampu memenangkan pasar dengan cara menentukan strategi-strategi pemasaran yang tepat. Semua pihak yang  bersangkutan dengan PT. Astra Honda Motor sangat berpengaruh akan keberhasialan pasar

4.    Strategi Research and Development
Divisi Research and Development PT.Astra Honda Motor dalam hal ini mengembangkan teknologi untuk mengupayakan inovasi yang hadir dalam setiap produk yang ditawarkan ke masyarakat, baik berupa produk baru maupun fitur yang tertanam dalam produk tersebut. Selain itu dalam proses pembuatanya PT.Astra Honda Motor juga didukung oleh sistem JIT yang diharapkan dapat mendukung strategi dalam mencapai visi dan tujuan perusahaan
Just In Time adalah suatu keseluruhan filosofi operasi manajemen dimana segenap sumber daya, termasuk bahan baku dan suku cadang, personalia, dan fasilitas dipakai sebatas dibutuhkan. Semua bahan baku dan komponen sebaiknya tiba tepat waktu di lokasi kerja pada saat dibutuhkan. Produk sebaiknya diselesaikan dan tersedia tepat waktu bagi pelanggan disaat pelanggan menginginkannya bukan berdasarkan persediaan yang diantisipasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan persediaan yang ada sehingga dapat mengeliminasikan biaya penyimpanan serta sekaligus mengeliminasi perlindungan atas kesalahan produksi dan ketidakseimbangan yang diberikan oleh persediaan sehingga dapat mengurangi pemborosan. JIT juga memperhatikan keseluruhan system produksi sehingga komponen yang bebas dari cacat dapat disediakan untuk tingkat produksi selanjutnya tepat ketika mereka dibutuhkan, tidak terlambat dan tidak terlalu cepat.
PT AHM dapat menerapkan Sistem JIT lebih maksimal karena dibantu dengan adanya perkembangan teknologi informasi disetiap jalur yang akan melakukan proses perencanaan, produksi, pemasaran, dan pengawasan. Sasaran implementasi JIT yang dilakukan PT AHM yaitu:
1. Persediaan Sasaran utama dalam penerapan Sistem JIT
Penerapan sistem JIT adalahu untuk meminimalisasi persediaan. Dengan adanya persediaan maka akan dibutuhkannya pengeluaran berupa biaya penyimpanan. PT AHM telah berhasil untuk meminimalisasi persediaan yang dimiliki. Kelebihan produksi tidak akan terjadi karena produksi dilakukan berdasarkan permintaan dari pembeli atau pemasok bukan berdasarkan permintaan yang diantisipasi. Produksi yang dilakukan PT AHM berdasarkan informasi dari bagian pemasaran yang menggunakan Enterprise Resource Plannning (ERP) sehingga didapatkan data yang tepat mengenai berapa banyak produk yang akan diproduksi untuk periode selanjutnya dimana setiap hasil produksi langsung disalurkan ke pemasok sehingga meminimalisasi bahkan meniadakan jumlah hasil produksi yang tertahan di gudang persediaan barang jadi dan tentunya akan mengatasi pemborosan.Apabila terjadi kelebihan produksi maka tentunya kita akan mengeluarkan biaya penyimpanan dan biaya antisipasi jika barang tersebut ternyata tidak laku dijual kemudian mengalami kerusakan karena terlalu lama disimpan di gudang.
Pesanan untuk pembelian suku cadang dilakukan dengan online sedangkan pemesanan sepeda motor dilakukan melalui faksmili/telepon. Ketika ada pesanan PT AHM akan memasok bahan baku dari vendor yang dilakukan tepat waktu,jadi ketika bahan baku sampai maka akan langsung diproses dan setelah jadi maka akan langsung dikirimkan ke main dealer. Hal ini terbukti sangat ampuh untuk mengurangi persediaan atau over produksi.

2. Waktu Siklus
PT AHM berhasil memangkas pemrosesan menjadi lebih efisien karena proses produksi dilakukan dalam satu lot. PT AHM memproduksi 1 unit motor dalam waktu 13 menit. Produksi dilakukan dengan mesin sehingga tenaga manusia dialihkan untuk mengawasi dan menganalisis jalannya produksi. Sistem JIT telah memangkas waktu tunggu dan membuat setiap aliran produk menjadi lebih efisien Waktu menunggu terjadi akibat pengaruh kecepatan produksi yang ditentukan misalnya oleh kuota produksi suatu mesin.Pada PT AHM produksi dilaksanakan dengan seefisien mungkin dan waktu menunggu bahkan tidak ada. Untuk memproduksi satu unit produk hanya membutuhkan waktu 13 menit. Hal ini bisa terjadi karena kemampuan teknologi yang dipakai PT AHM dalam proses produksi. Kemudian dapat disalurkan langsung ke main dealer sesuai dengan pesanan.Maka dengan dukungan teknologi dan sumber daya yang dimiliki maka tidak akan menimbulkan waktu menunggu karena semua rangkaian produksi berdasarkan perhitungan yang tepat. Semakin tinggi kecepatan produksi suatu perusahaan maka semakin kecil pula waktu menunggu untuk suatu produk mengalami proses selanjutnya, begitupun sebaliknya.

3. Perbaikan yang berkesinambungan
PT AHM bisa berkembang dengan pesat karena adanya perbaikan yang berkesinambungan. Kinerja operasional diukur di tiap-tiap bagian dengan mengaplikasikan Bussines Intelligent, software dari Cognos. Pengambilan keputusan atas laporan perkembangan yang berasal dari database akan lebih mudah karena telah terintegrasi dengan sistem yang dimiliki para pengambil keputusan. Pemantauan terjadinya barang cacat dan sejauh mana tahapan produksi yang telah dilalui oleh bahan baku akan lebih mudah terpantau karena setiap bahan baku telah terpasang Bar Code Text. Sistem komputerisasi yang dimiliki PT AHM akan dapat mendeteksi barang cacat sehingga akan segera dilakukan perbaikan terhadap penyebab terjadinya barang cacat dan barang cacat tersebut tidak akan melewati tahapan selanjutnya sehingga tidak ada barang cacat yang akan melewati tahapan selanjutnya. Adanya produk gagal atau barang cacat adalah salah satu bentuk pemborosan terbesar yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Apabila barang cacat diketahui terlebih dahulu maka kerugian yang lebih besar dapat dihindari dengan menghentikan produksi dan menemukan penyebabnya serta mencari solusi yang tepat. Perusahaan akan mengeluarkan biaya yang sangat besar apabila barang cacat tersebut tidak terdeteksi selama produksi sehingga sampai ke tangan konsumen dan baru diketahui ketika ada keluhan. Mau tidak mau perusahaan harus menarik/mengganti produk tersebut sehingga dapat dibayangkan besarnya kerugian yang akan dialami, belum lagi citra produk kita di mata konsumen akan merosot dan akan menurunkan permintaan.

4. Penghapusan pemborosan
Penghaspusan pemborosan dapat dilakukan karena PT AHM telah memenuhi kondisi sebagai berikut:
a.    Produksi tidak menyisakan persediaan
b.    Waktu tunggu minimum, bahkan hampir tidak ada
c.    Minimalisasi biaya terhadap barang cacat
d.    Beban kerja yang seimbang dan merata
e.    Tidak ada interupsi karena kehabisan persediaan dan kualitas buruk,
Ternyata tidak selamanya JIT berdapampak positif. Penerapan JIT pada perusahaan manufaktur juga akan menimbulkan dampak negatif apabila:
a.  Pengiriman bahan baku terlambat sehingga terganggunya proses produksi
b.  Kinerja manajer dianggap menurun apabila pengambil keputusan tertinggi masih berorientasi pada Total Quantity Manufacturec.
c.  Sistem TI sangat berpengaruh pada sistem keseluruhan produksi mengalami kerusakan atau di hack


EVALUASI STRATEGI PT.ASTRA HONDA MOTOR

Setelah rencana strategis diimplementasikan, langkah selanjutnya adalah melaksanakan evaluasi dengan menggunakan balanced scorecard. Balanced Scorecard merupakan suatu alat pengukur kinerja perusahaan yang mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan, baik secara keuangan maupun nonkeuangan dengan menggunakan empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pendekatan Balance Scorecard dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan pokok, yaitu:
1.    Bagaimana penampilan perusahaan dimata para pemegang saham? (perspektif keuangan)
2.    Bagaimana pandangan para pelanggan terhadap perusahaan? (perspektif pelanggan)
3.    Apa yang menjadi keunggulan perusahaan? (perspektif bisnis internal)
4.    Apa perusahaan harus terus menerus melakukan perbaikan dan menciptakan nilai secara berkesinambungan? (perspektif pertumbuhan dan pembelajaran)
Selain itu, Balanced Scorecard juga memberikan kerangka berpikir untuk menjabarkan strategi perusahaan ke dalam segi operasional. Kaplan dan Norton (1996) mengatakan bahwa perusahaan menggunakan focus pengukuran scorecard untuk menghasilkan berbagai proses manajemen, meliputi :
1.    Memperjelas dan menerjemahkan visi dan strategi
2.    Mengkomunikasikan dan mengaitkan berbagai tujuan dan ukuran strategis
3.    Merencanakan, menetapkan sasaran, dan menyelaraskan berbagai inisiatif strategis
4.    Meningkatkan umpan balik dan pembelajaran strategis

Dengan Balanced Scorecard, tujuan suatu perusahaan tidak hanya dinyatakan dalam ukuran keuangan saja, melainkan dinyatakan dalam ukuran dimana perusahaan tersebut menciptakan nilai terhadap pelanggan yang ada pada saat ini dan akan datang, dan bagaimana perusahaan tersebut harus meningkatkan kemampuan internalnya termasuk investasi pada manusia, sistem, dan prosedur yang dibutuhkan untuk memperoleh kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

Melalui Balanced Scorecard diharapkan bahwa pengukuran kinerja keuangan dan nonkeuangan dapat menjadi bagian dari sistem informasi bagi seluruh pegawai dan tingkatan dalam organisasi. Saat ini Balance Scorecard tidak lagi dianggap sebagai pengukur kinerja, namun telah menjadi sebuah rerangka berpikir dalam pengembangan strategi.
Secara umum, terdapat empat macam kinerja bisnis yang diukur dalam balanced scorecard, yaitu: 
  1. Perspektif Keuangan
Perspektif keuangan tetap digunakan dalam Balance Scorecard, karena ukuran keuangan menunjukkan apakah perencanaan dan pelaksanaan strategi perusahaan memberikan perbaikan atau tidak bagi peningkatan keuntungan perusahaan. Perbaikan-perbaikan ini tercermin dalam sasaran-sasaran yang secara khusus berhubungan dengan keuntungan yang terukur, pertumbuhan usaha, dan nilai pemegang saham. 
  1. Perspektif Pelanggan Atau Konsumen
peningkatan pengakuan atas pentingnya konsumen focus dan konsumen satisfaction. Perspektif ini merupakanleading indicator. Jadi, jika pelanggan tidak puas maka mereka akan mencari produsen lain yang sesuai dengan kebutuha n mereka. Kinerja yang buruk dariperspektif ini akan menurunkan jumlah pelanggan di masa depan meskipun saat ini kinerja keuangan terlihat baik.
  1. Perspektif Proses Internal Bisnis
Analisis proses bisnis internal perusahaan dilakukan dengan menggunakan analisis value-chain. Disini manajemen mengidentifikasi proses internal bisnis yang kritis yang harus diunggulkan perusahaan. Scorecard dalam perspektif ini memungkinkan manajer untuk mengetahui seberapa baik bisnis mereka berjalan dan apakah produk dan atau jasa mereka sesuai dengan spesifikasi pelanggan.
  1. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan
Proses ini mengidentifikasi infrastruktur yang harus dibangun perusahaan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kinerja jangka panjang. Proses pembelajaran dan pertumbuhan ini bersumber dari faktor sumber daya manusia, sistem, dan prosedur organisasi. Yang termasuk dalam perspektif ini adalah pelatihan pegawai dan budaya perusahaan yang berhubungan dengan perbaikan individu dan organisasi. 

Berikut merupakan analisis balanced scorecard PT. Astra Honda Motor untuk melakukan evaluasi dari strategi dan implementasi melalui 4 perspektif.
1.   Perspektif Keuangan (Financial Perspective)
Perspektif keuangan digunakan untuk dapat melihat tren dan pertumbuhan. Adapun ukuran-ukuran yang digunakan dalam perspektif keuangan adalah:
a.  Return on Equity, merupakan alat untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dengan menekankan pada pengoptimalan pengembalian kepada shareholders
b.  Return on Assets, menggambarkan perbaikan atas kinerja operasi dan mengukur efisiensi dari total asset untuk menghasilkan laba
c.  Operating Income, merupakan pengukuran seberapa besar sumbangan penjualan terhadap laba operasi. Semakin besar hasilnya maka akan semakin baik
d.  Efficiency Cost, merupakan pengukuran terhadap perusahaan dalam mengelola biaya-biaya yang ada sehingga keuntungan perusahaan tetap terjaga
e.  Total Asset Turnover, merupakan pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan dari asset perusahaan dalam menghasilkan penjualan, dan memperhatikan apakah perusahaan melakukan modernisasi peralatan atau tidak, karena ini akan menyebabkan rasionya akan menurun.

Dalam hal ini untuk menganalisis financial perspective PT.Astra Honda Motor penulis menggunakan analisa dari laporan keuangan PT. Astra Tahun 2013 s.d 2017 karena sampai pada tanggal 23 Februari 2019, penulis belum menemukan laporan keungan tahunan (yang ada hanya laporan keungan triwulanan) sehingga penulis memutuskan untuk menggunakan data tahunan 2013 s.d 2017 agar obyektif dalam melihat tren dan analisis perspektif keuangan. Berikut ini merupakan data keuangan PT. Astra Honda Motor sebagai berikut:
Tren ROA dari Tahun 2013 mengalami penurunan sampai dengan tahun 2015, dan pada tahun 2016 ROA membaik sampai pada tahun 2017 (7,84%). Tren ROE selaras dengan ROA yaitu menurun dari tahun 2013 sampai dengan tahn 2015 dan mengalami kenaikan pada tahun 2016 dan ROE pada 2017 adalah 14,82%. Pertumbuhan total revenue mencapai 13,79% di Desember 2017, dan jauh lebih baik di Desember 2016 dan Desember 2015 yang mana pertumbuhannya mencapai angka minus. Sementara untuk pertumbuhan dari profit mengalami tren yang positif di 3 tahun terkahir dimana pada tahun 2017 pertumbuhan profit sudah mencapai 26,57%. Total Assest terus mengalami pertumbuhan secara kuantitas dimana pada 2013 sebesar 213,994.000 juta dan pada tahun 2017 sudah mencapai 295.646.000 juta (pertumbuhan mencapai 38,15% di 5 tahun terakhir). Total Liabilities juga mengalami peningkatan di 5 tahun terakhir sebesar 29,22%
Dari perspektif yang dijabarkan diatas dapat disimpulkan kinerja PT Astra dari perspektif finansial dengan menggunakan rasio liquiditas dan rasio leverage menunjukan kecendrungan yang baik selama 5 tahun terakhir (2013 s.d 2017) terutama di tahun 2016–2017. Rasio aktifitas menunjukkan nilai yang cukup baik karena perputaran aktiva dan modal kerja cukup berpengaruh untuk menghasilkan penjualan bersih. pada rasio profitabilitas menunjukkan kecendrungan yang baik karena nilai Gross Profit Margin dan Earning Power of Total Investment positif. Sehinga perspektif keuangan dikatakan baik dengan memperhatikan faktor-faktor diatas.

a.    Perspektif Pelanggan Atau Konsumen
Filosofi manajemen terkini telah menunjukkan peningkatan pengakuan atas pentingnya konsumen focus dan konsumen satisfaction. Perspektif ini merupakan leading indicator. Jadi, jika pelanggan tidak puas maka mereka akan mencari produsen lain yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kinerja yang buruk dari perspektif ini akan menurunkan jumlah pelanggan di masa depan meskipun saat ini kinerja keuangan terlihat baik. Oleh Kaplan dan Norton (2001) perspektif pelanggan dibagi menjadi dua kelompok pengukuran, yaitu: customer core measurement dan customer value prepositions. Customer Core Measurement memiliki beberapa komponen pengukuran, yaitu:
1.    Market Share (pangsa pasar); Pengukuran ini mencerminkan bagian yang dikuasai perusahaan atas keseluruhan pasar yang ada, yang meliputi: jumlah pelanggan, jumlah penjualan, dan volume unit penjualan.
2.    Customer Retention (retensi pelanggan); Mengukur tingkat di mana perusahaan dapat mempertahankan hubungan dengan konsumen.
3.    Customer Acquisition (akuisisi pelanggan); mengukur tingkat di mana suatu unit bisnis mampu menarik pelanggan baru atau memenangkan bisnis baru.
4.    Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan); Menaksir tingkat kepuasan pelanggan terkait dengan kriteria kinerja spesifik dalam value proposition.
5.    Customer Profitability (profitabilitas pelanggan); mengukur keuntungan yang diperoleh perusahaan dari penjualan produk/jasa kepada konsumen.
Sedangkan Customer Value Proposition merupakan pemicu kinerja yang terdapat pada core value proposition yang didasarkan pada atribut sebagai berikut:
1.    Product/service attributes
Meliputi fungsi dari produk atau jasa, harga, dan kualitas. Pelanggan memiliki preferensi yang berbeda-beda atas produk yang ditawarkan. Ada yang mengutamakan fungsi dari produk, kualitas, atau harga yang murah. Perusahaan harus mengidentifikasikan apa yang diinginkan pelanggan atas produk yang ditawarkan. Selanjutnya pengukuran kinerja ditetapkan berdasarkan hal tersebut.
2.    Consument relationship
Menyangkut perasaan pelanggan terhadap proses pembelian produk yang ditawarkan perusahaan. Perasaan konsumen ini sangat dipengaruhi oleh responsivitas dan komitmen perusahaan terhadap pelanggan berkaitan dengan masalah waktu penyampaian. Waktu merupakan komponen yang penting dalam persaingan perusahaan. Konsumen biasanya menganggap penyelesaian order yang cepat dan tepat waktu sebagai faktor yang penting bagi kepuasan mereka.
3.    Image and reputasi
Menggambarkan faktor-faktor intangible yang menarik seorang konsumen untuk berhubungan dengan perusahaan. Membangun image dan reputasi dapat dilakukan melalui iklan dan menjaga kualitas seperti yang dijanjikan.
Analisis Perspektif Pelanggan Atau Konsumen PT.Astra Honda Motor
Berikut merupakan data penjualan motor tahun 2018 dan pangsa pasar dari PT.Astra Honda Motor untuk penjualan produk motor Honda di 5 tahun terakhir :
a.    Data Penjualan Motor Tahun 2018
Periode
Honda
Yamaha
Suzuki
Kawasaki
TVS
Total
Jan-18
345,957
122,989
6,051
7,509
31
482,537
Feb-18
339,152
85,429
4,5
10,456
49
439,586
Mar-18
384,187
133,126
4,077
13,969
12
535,371
Apr-18
458,499
113,182
6,954
2,282
4
580,921
May-2018
436,727
140,068
7,663
4,828
18
589,304
Jun-18
271,206
96,15
5,357
2,302
19
375,034
Jul-18
450,622
127,101
8,639
7,366
21
593,749
Aug-2018
443,694
108,896
8,355
7,016
95
568,056
Sep-18
406,841
134,419
9,371
7,036
25
557,692
Oct-2018
456,582
138,012
10,489
5,212
27
610,322
Nov-2018
440,659
140,683
10,002
6,003
17
597,364
Dec-2018
325,076
115,033
8,05
5,003
19
453,181
Total
4,759,202
1,455,088
89,508
78,892
331
6,383,111

PT.Astra Honda Motor memimpin penjualan dari bulan januari sampai dengan desember dengan rata-rata pangsa pasar yaitu 74,559% dimana pangsa pasar terendah berada di bulan januari sebesar 71,69% dan paling tinggi berada di bulan april 78,92%.
b.    Data Pangsa Pasar Motor Honda 5 tahun terakhir (dari 2014 sampai dengan 2018) adalah sebagai berikut:
Tahun
Pangsa Pasar (%)
2018
74,60%
2017
74,71%
2016
73,86%
2015
68,70%
2014
64,20%

PT. Astra Honda Motor memimpin pangsa pasar di 5 tahun terakhir dengan rata-rata 71,21% dan selalu meningkatkan disetiap tahunnya dengan presentase rata-rata 3,88% setiap tahun di 5 tahun terakhir

Dari kedua data di atas dapat disimpulkan perspektif konsumen baik terlihat dari PT.Astra Honda Motor yang memimpin market share selama 5 tahun terakhir, serta pelayanan Honda untuk mempertahankan hubungan berupa:
1.    PT. Astra Honda Motor secara aktif mengadakan berbagai promosi baik melalui media internet, media cetak, promosi langsung maupun melalui siaran televisi. Semua media promosi telah dilakukan untuk mengembangkan pemasaran yang lebih baik. Salah satu cara berpromosi Honda lainnya adalah dengan memberikan hadiah kepada konsumennya berupa helm, maupun hadiah lainnya serta Honda juga mendirikan club bagi anak muda maupun dewasa dengan tema merek Honda masing-masing Dengan mendirikan club atau perkumpulan pengguna Honda ini diharapkan akan mudah berkomunikasi dengan konsumen. Jika komunikasi berjalan dengan lancar maka promosi mudah dijalankan.
2.    mengedepankan layanan purna jual melalui bengkel resmi Honda yaitu bengkel AHASS yang memberikan free service selama 1 tahu Jaringan Honda Customer Care Centre (HC3) menawarkan pelayanan yang terstandardisasi dan siap melayani konsumen baik secara fisik maupun virtual di media sosial, untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Bahkan AHM menawarkan konsep yang melebihi ekspektasi konsumen eksklusif dengan fasilitas pelayanan khusus di 11 dealer Big Wing dan 135 dealer Wing.
Upaya-upaya diatas yang menjadikan PT.Astra Honda Motor memimpin pangsa pasar yang berakibat pada meningkatnya profitabilitas 26,57% pada tahun 2017 yang membuktikan loyalitas konsumen akan produk/ service attributes. Sehingga perpektif konsumen dapat dikatakan baik.

3.   Perspektif Proses Bisnis Internal
Perspektif ini menampilkan proses kritis yang memungkinkan suatu unit usaha dalam memberi value proposition yang bisa menarik serta mempertahankan pelanggannya pada segmen pasar yang diinginkan.
Secara umum terdapat tiga pedoman dasarnya yaitu:
§  Proses inovasi
§  Proses operasi
§  Pelayanan purna jual

Analisis Perspektif Proses Bisnis Internal PT. Astra Honda Motor

-       Value Chain
a.    Logistik Masuk
Pertumbuhan industri sepeda motor di Indonesia setiap tahun terus meningkat. Jumlah pendatang baru mempertajam persaingan di industri ini. Sepeda motor Honda yang sudah lama ada di Indonesia harus bisa bersaing dengan merek yang ada. Untuk menjawab tantangan ini, kegiatan yang terlibat dalam logistik masuk sangat disempurnakan PT Astra Honda Motor, perusahaan yang seharusnya menjadi pemilik merek Honda mampu memenuhi kebutuhan transportasi yang kuat, efisien dan ekonomis.
b.    Operasi:
Operasi akan menjadi salah satu kunci terbesar untuk berubah sehubungan dengan kerangka kerja rantai nilai, kedua setelah pemasaran dan penjualan. PT Astra Honda Motor adalah sinergi antara keunggulan teknologi dan pemasaran jaringan di Indonesia, yaitu pengembangan kerjasama antara Honda Motor Company Limited, Jepang dan PT Astra International Tbk, Indonesia.
c.    Logistik Luar
Waktu antara kedatangan pruduck pada aktivitas bongkar muat, Logistik outbound saat ini sangat padat PT HONDA ASTRA MOTOR. PT ASTRA HONDA MOTOR berkomitmen untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi untuk produk mereka, dengan nilai yang tinggi, dalam lingkungan yang bersih dan ramah. Di tingkat perusahaan, mesin PT ASTRA HONDA MOTOR berfokus pada konservasi energi, pengemasan berkelanjutan, kami berdedikasi pada inovasi dan meningkatkan operasi kami untuk membangun bisnis, bahkan lebih ramah lingkungan, dan menguntungkan. Dan kami akan terus memodernisasi pengalaman pelanggan, dan memperluas aksesibilitas merek kami, sehingga konsumen akan selalu menikmati pengalaman maksimal dari produk yang dibuat.
d.    Pemasaran dan penjualan
Karena strategi permainan baru kami adalah strategi yang membangun posisi, pemasaran dan penjualan adalah titik terpenting setelah operasi untuk dipertimbangkan dalam kerangka rantai nilai. Keunggulan teknologi yang dimiliki Honda Motor Company Limited telah diakui di Indonesia di seluruh dunia dan telah terbukti pada berbagai kesempatan.
e.    Layanan
-       H1 (outlet penjualan):
Showroom resmi selalu memberikan kepuasan kepada konsumen sepeda motor Honda. Di ruang pamer resmi kami selalu menyediakan koleksi lengkap sepeda motor Honda. Dimana konsumen akan mendapatkan kepuasan dari layanan yang ramah, sopan atas penjualan konter dan salesman. Selain itu, informasi terperinci tentang spesifikasi sepeda motor seperti:
o   Harga
o   membeli pinjaman dan opsi pembiayaan
o   Dokumen pengaturan
o   Program Garansi (Program Ekstensi Garansi) dapat dicantumkan di showroom ini

-          H2 (outlet pemeliharaan)
Bengkel resmi kami, logo H2 di bagian luar, selalu memberikan kepuasan kepada konsumen sepeda motor Honda. Network Maintenance (H2) adalah bagian dari PT Astra Honda Motor yang merupakan salah satu tugasnya sebagai layanan purna jual.

-          H3 (bagian toko):
Showroom resmi selalu memberikan kepuasan kepada konsumen sepeda motor Honda. H3 adalah Suku Cadang Ketersediaan Layanan sepeda motor Honda untuk pemilik sepeda motor Honda. Produk suku cadang Honda yang dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) adalah HGP (Honda Genuine Parts) di mana suku cadangnya merupakan komponen yang sama di setiap sepeda motor merek Honda. Sebagai suku cadang asli Honda, PT Astra Honda Motor memastikan kualitas produk Honda Genuine Parts mirip dengan yang dipasang pada sepeda motor Honda.

f.     Infrastruktur Perusahaan
Sehubungan dengan mendukung kegiatan yang meningkatkan nilai yang diciptakan melalui analisis rantai nilai, PT ASTRA HONDA MOTOR telah banyak berbicara tentang kegiatan di lokasi. Pengoperasian teknologi injeksi baru menggunakan rekayasa sistem komputer "nakal" dan hemat bahan bakar, sehingga menjadikannya pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.

g.    Manajemen Sumber Daya Manusia:
PT Astra Honda Motor adalah perusahaan manufaktur & distribusi sepeda motor terbesar di Indonesia, dengan jumlah karyawan lebih dari 10.000 orang. Sesuai dengan visi perusahaan, PT. Astra Honda Motor selalu berupaya memberikan solusi mobilitas terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sistem manajemen kelas dunia. Untuk itu kita membutuhkan sumber daya manusia terbaik secara kreatif, inovatif, kompetitif dan siap bergabung dalam mencapai tujuan itu. Dalam manajemen SDM, PT. Astra Honda Motor memiliki sistem manajemen sumber daya manusia yang profesional dengan prinsip-prinsip Fair Internally and Externally Competitive disertai dengan pengembangan sumber daya manusia melalui program pelatihan dan pengembangan lainnya serta jalur karier yang jelas sejalan dengan perkembangan bisnis sepeda motor yang meningkat. Setiap orang di PT Astra Honda Motor dihargai sesuai dengan prestasi dan potensi, jika Anda adalah orang yang memenuhi kualifikasi yang diinginkan, kami menunggu kehadiran Anda untuk bergabung dengan PT. Astra Honda Motor.

-       Proses Inovasi
Pada Tahun 2018 PT.Astra Honda Motor memasarkan 32 model motor yang terdiri dari 12 Scooter, 7 Sport, 5 Moped, 2 Off Road, 1 Adventure Touring, 1 Dual Sport, 1 Super Sport, 1 Cruiser, 1 Street and 1 Touring di country. Dimana PT.Astra Honda Motor melakukan inovasi pada tahun 2018 melakukan inovasi dengan mengeluarkan 6 jenis motor baru diantaranya All New Honda CBR 150R, All New Honda BeAt Pop, All New Vario 150, All Honda Supra GTR 150, All New Honda CBR 250RR , dan All New Honda BeAt Street eSP
Hal ini konsisten pada tahun 2017 dimana PT.Astra Honda Motor juga melakukan inovasi dengan mengeluarkan 6 jenis motor baru: Sonic 150R, Honda CB150R Facelit, Honda Supra GTR 150, Honda CBR150R Facelit, Honda Beat Street eSP dan All New Honda CBR250RR.
Sehingga disimpulkan pada 2 tahun terakhir Honda merilis 6 produk baru sebagai bentuk kesuksesan dari menjalankan strategi “Melakukan inovasi produk yang lebih kompetitif dan inovatif guna menanggulangi kompetitior” dimana terlihat honda mendominasi dalam inovasi produk dimana kompetitor seperti Yamaha pada tahun 2018 hanya mengeluarkan 2 inovasi produk baru yaitu Yamaha Lexi dan Yamaha Mio S.
Selain inovasi produk, PT.Astra Honda Motor juga melakukan inovasi dalam penerapan teknologi yang memiliki difirensiasi seperti penyematan teknologi eSP pada Honda Vario 150 yang memiliki keuntungan sebagai berikut:
a.    Teknologi eSP merupakan teknologi yang mampu meminimalisir secara maksimal terjadinya gesekan antara part mesin. Teknologi Rocker Rock Arm, Offset cylinder, Spinny Sleeve dan Light Weight Piston mampu mengurangi gesekan secara signifikan antara piston dan dinding silinder sehingga performa mesin meningkat. Selain itu, kruk as yang digunakan pada teknologi ini juga lebih kuat dan mampu menurunkan frekuensi getaran.
b.    Teknologi eSP mampu meringankan kerja mesin. Adanya teknologi Breather passage dan Built in Liquid Cooling System secara sinergis dapat lebih mengoptimalkan proses pendinginan terhadap panas yang datang dari dinding silinder dan bak mesin (crankcase). Inilah yang menyebabkan mesin tidak cepat panas.
c.    Teknologi eSP mampu melakukan pembakaran lebih sempurna dan mengurangi energi terbuang percuma. Teknologi Compact Combustion Chamber merupakan buah dari penyempurnaan ruang bakar yang menghasilkan aliran kabut bahan bakar yang semakin lancar tanpa hambatan berarti.
d.    Teknologi eSP mampu menghidupkan mesin tanpa suara. Teknologi ACG Starter yang merupakan hasil tandem starter dan generator ini terbukti mampu mengurangi gesekan saat menghidupkan mesin.

-       Proses Operasi
PT.Astra Honda Motor menerapkan Just In Time adalah suatu keseluruhan filosofi operasi manajemen dimana segenap sumber daya, termasuk bahan baku dan suku cadang, personalia, dan fasilitas dipakai sebatas dibutuhkan. Semua bahan baku dan komponen sebaiknya tiba tepat waktu di lokasi kerja pada saat dibutuhkan. PT AHM berhasil memangkas pemrosesan menjadi lebih efisien karena proses produksi dilakukan dalam satu lot. PT AHM memproduksi 1 unit motor dalam waktu 13 menit. Produksi dilakukan dengan mesin sehingga tenaga manusia dialihkan untuk mengawasi dan menganalisis jalannya produksi.

-       Proses Purna Jual
Layanan purna jual melalui bengkel resmi Honda yaitu bengkel AHASS yang memberikan free service selama 1 tahu Jaringan Honda Customer Care Centre (HC3) menawarkan pelayanan yang terstandardisasi dan siap melayani konsumen baik secara fisik maupun virtual di media sosial, untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Bahkan AHM menawarkan konsep yang melebihi ekspektasi konsumen eksklusif dengan fasilitas pelayanan khusus di 11 dealer Big Wing dan 135 dealer Wing.

Sehingga perspektif Bisnis Internal PT. Astra Honda Motor dikatakan baik dengan memperhatikan faktor-faktor diatas

1.   Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Perspektif ini menyediakan infrastruktur guna tercapainya tiga perspektif sebelumnya serta menghasilkan pertumbuhan juga perbaikan jangka panjang. Terdapat tiga prinsip kapabilitas yang berhubungan dengan kondisi internal perusahaan yaitu:
§  Kapabilitas pekerja: kepuasan pekerja, retensi pekerja, produktivitas pekerja
§  Kapabilitas sistem informasi
§  Iklim organisasi

Analisis Perspektif Proses Bisnis Internal PT. Astra Honda Motor

PT Astra Honda Motor (AHM) dinobatkan sebagai salah satu perusahaan idaman yang paling dikagumi pada ajang Indonesia Most Admired Companies Award (IMACO) 2018. Penghargaan yang diraih AHM pada kategori otomotif ini mencerminkan kuatnya konsistensi kinerja perusahaan dalam menghadirkan produk dan layanan terbaik untuk masyarakat.
Untuk Produktivitas pada Januari-April 2018 total produksi sebesar 2 juta, dengan tingkat utilisasi 80 persen dengan total karyawan saat ini sebanyak 24.000 orang dari seluruh pabrik yang dimiliki AHM di Indonesia.
Dalam pengelolaan SDM, PT. Astra Honda Motor memiliki sistem manajemen pengelolaan SDM yang profesional dengan prinsip Internally Fair dan Externally Competitive disertai dengan pengembangan SDM melalui program-program pelatihan dan pengembangan lainnya serta jenjang karir yang jelas.
Budaya PT. Astra Honda Motor mengacu pada budaya PT. Astra International dimana merupakan nilai-nilai yang  membentuk kebiasaan dalam perusahaan dan menjadi pedoman bagi perilaku  karyawan. Budaya organisasi yang adalah  filosofi CATUR DHARMA Astra, yang dari Falsafah atau pandangan hidup tersebut merupakan  pegangan atau arah bagi perusahaan pada saat itu. Manfaat bagi perusahaan  adalah sebagai suatu pedoman bagi masa depan perusahaan.

Sehingga perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan PT. Astra Honda Motor dikatakan baik dengan memperhatikan faktor-faktor diatas


Kesimpulan dari Balanced Scorecard PT.Astra Honda Motor adalah sebagai berikut:
Perspektif
Program
Indikator
Target
Capaian
Skor Kinerja
Keuangan
Meningkatnya pertumbuhan penjualan
profit yang didapat
30%
25,75%
85,83%
Konsumen
Menjaga kepercayaan konsumen
Market share
75%
74,60%
99,47%
Bisnis Internal
pengembangan inovasi program
produk baru dan inovasi fitur
6 produk baru
6 produk baru
100%
Pembelajaran & Pertumbuhan
pengembangan program terkait kapabilitas untuk menunjuang produktivitas karyawan
utilisasi karyawan
90%
80%
89%



Komentar

  1. Evaluasi sangat lengkap dan sudah mencakup seluruh proses bisnis PT Astra Honda Motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Thanks gan infonya.. analisisnya keren, bisa buat rujukan kuliah ane nih

    BalasHapus
  3. ░░░░░░░░░░░░▄▄
    ░░░░░░░░░░░█░░█
    ░░░░░░░░░░░█░░█
    ░░░░░░░░░░█░░░█
    ░░░░░░░░░█░░░░█
    ███████▄▄█░░░░░██████▄
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░ THANKS, ░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░For the Info░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░BROOOO!░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░░█
    ██████▀░░░░▀▀██████▀

    Analisis yang dibuat menurut saya sudah lengkap dan berguna untuk meningkatkan performa dan bisnisnya di perusahaan tersebut!

    BalasHapus
  4. Analisis yang dijabarkan sangat baik. Sangat bermanfaat bagi pembaca dan bagi perusahaan sebagai acuan perkembangan bisnisnya

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas infonya, dengan adanya analisis strategi ini dapat dengan mudah mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan, sehingga perusahaan dapat menentukan rencana seperti apa yang perlu diterapkan untuk menjadi unggul

    BalasHapus
  6. Analisis yang baik sekali, sangat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya sangat bermanfaat untuk referensi perkuliahan

    BalasHapus
  8. kurang di cantumkan referensi termasuk terkait data2 yg diambil

    BalasHapus
  9. kereennn, sangat bermanfaat, izin copas sebagian kak

    BalasHapus
  10. Terimakasih sangat lengkap informasinya. Dan sangat membantu 😇🙏

    BalasHapus
  11. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus
  12. selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapat pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
  13. Nama saya Lady Loveth, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati / waspada, karena ada banyak penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana di dunia, mereka akan mengirimkan surat dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka dan mereka akan bersumpah bahwa mereka tahu pembayaran, tetapi mereka adalah penipu, karena mereka akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh sepuluh perusahaan pinjaman online yang berbeda. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Christabel Missan Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.850.000.000 (850 juta) dalam waktu kurang dari 4 jam dan suku bunga hanya 1%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak, silakan hubungi dia melalui email asli: Christabelloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: gemijayachandra@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi teman baik saya yang memperkenalkan saya email vai: lianmeylady@gmail.com
    email: liliyanabasuki@gmail.com
    email: permatabudiwati@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu Christabel +15614916019
    +19177461022

    BalasHapus
  14. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan sebagainya. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata itu palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Strategis PT. Astra Honda Motor

Analisis Manajemen Strategi (Perencanaan) Pada PT. Astra Honda Motor Tugas Dikerjakan Dalam Rangka Perkuliah Manajemen Strategik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis IKPIA Perbanas Jakarta Nama Mahasiswa : Juan Prakoso Aryadi NIM                   : 1712070123 Jurusan              : S1 Manajemen Intensif PERENCANAAN STRATEGI PT. ASTRA HONDA MOTOR Analisis dan pemilihan strategik merupakan penentuan tindakan alternatif strategi yang paling baik dalam membatu perusahaan mencapai misi dan tujuan. Strategi, tujuan dan misi perusahaan ditambah dengan informasi audit eksternal dan internal memberikan landasan untuk menciptakan serta mengevaluasi strategi. Analisis dan pemilihan strategi haruslah dijalankan secara hati-hati dan bertanggungjawab. Karena pemilihan strategi berdasarkan alternatif strategi yang akhirnya akan dieksekusi satu strategi untuk diterapkan selama proses implementasi mempertaruhkan segala komitmen dan sumber daya perusahaan dalam ja

Profil PT. Astra Honda Motor

PROFIL PT. ASTRA HONDA MOTOR PT Astra Honda Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, perakitan dan distributor sepeda motor merek Honda. Perusahaan ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki hak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek sepeda motor Honda . 1.   Sejarah PT.Astra Honda Motor PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD ( completely knock down ) Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japa